Pertamina Inovasi tiada henti lewat Annual Pertamina Quality (APQ) Awards (Hari keenam #30DWC)



Pintu masuk stand pameran CIP
 Hari ini, Pertamina sedang mengadakan event tahunan yang diberi nama Annual Pertamina Quality (APQ) awards yang bertempat di lantai ground dan gedung M gedung utama kantor Pusat. Acara berlangsung mulai hari sabtu, tanggal 31 Oktober, dan berakhir pada hari ini, rabu, 4 November 2015. 

Apa itu APQ awards ? APQ awards adalah Sebuah ajang berbagi pengetahuan dan penciptaan inovasi berkelanjutan untuk mendukung kinerja perusahaan. Acara ini adalah kegiatan rutin tahunan sebuah kompetisi inovasi dan continuous improvement program (CIP). APQ awards yang ke-6 ini memperebutkan  12 kategori penghargaan.
Dilansir dari www.pertamina.com program ini diikuti oleh 128 gugus/kelompok CIP terbaik dari Unit Operasi/Bisnis/Region dan Anak Perusahaan yang terdiri dari 60 Project Colaboration Improvement (PC Prove), 47 Functional Team Improvement (FT Prove) dan 21 Individual Improvement (I-Prove), dengan total risalah mencapai 1860.

Bagi temen-temen mahasiswa, pasti tidak asing mendengar istilah Program Kreatifitas Mahasiswa(PKM) kan??  CIP juga bisa dikatakan seperti halnya PKM. Kesamaannya terletak kata “ inovasi”. Perbedaannya terletak pada ruang lingkup dan tujuannya saja. CIP adalah sebuah kegiatan inovasi yang berkelanjutan untuk peningkatan mutu bisnis di Pertamina. CIP bisa dibilang sebagai urat nadi bisnis di pertamina karena dalam proses bisnis akan selalu terjadi perubahan akibat kondisi pasar maupun teknologi, sehingga perusahaan harus terus berinovasi untuk menghadapi tantangan dan persaingan bisnis tersebut.

2    Dalam merumuskan inovasi, ada lima patokan yang yang harus diperhatikan oleh insan mutu pertamina, yang disebut dengan Panca Mutu.
a.       Quality : terjadinya peningkatan kualiatas dalam suatu produk/ prose bisnis
b.      Cost : terdapatnya penurunan/ penghematan biaya produksi/ peningkatan revenue (cost reduction/ revenue increase)
c.       Delivery : miningkatnya penyerahan tepat waktu/ proses lebih singkat(ontime delivery- shorter lead time)
d.      Safety : Meningkatnya ruang kerja yang sehat, service/ safety dan awereness terhadap dampak penemaran lingkungan
e.      Morale: manigkatka motivasi & inters (high morale)
Dari inovasi ini akan menelurkan sebuah asset pengetahuan Pertamina yang mana tujuannya adalah pengakuan secara Nasional maupun Internasional.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Senin kemarin selepas sholat dhuhur, nyempetin jalan-jalan ke stand-stand buat hanya sekedar tanya-tanya, dan foto-foto..hee

Stand  BOB PT. Bumi Siak Pusako-PT.Pertamina Hulu Energi

Foto bareng teman Internship Dini dan Ani

Stand RU II-Dumai  (Mesin )

Karena event inilah kiranya teman-teman termotivasi untuk bisa masuk Pertamina atau BUMN lainnya. Karena lingkungan kerja tidak hanya menuntut untuk bekerja, pekerja dituntut senantiasa untuk inovatif, dan aktif untuk selalu berinovasi untuk negeri.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mungkin kita jodoh (hari kedua belas #30DWC)

nasehat tentang kematian(hari kedua puluh satu #30DWC)

Berbagi kisah: Perjalanan Internship Pertamina 2015