Cerita Alumni (Hari ketujuh #30DWC)



Berawal dari inbok masuk dari PSI UDINUS berupa sapaan buat para alumni..
 ~~~###~~~


Tujuh bulan sudah berlalu dari event besar dalam menamatkan study S1 dikampus tercinta. Wisuda ke-53 Universitas Dian Nuswantoro, Kamis, 2 April 2015.
Alkhamdulillah, mampu menamatkan tiga setengah tahun program study teknik informatika, yang awalnya sepertinya sulit, namun selesai juga itu sesuatu yang membahagiakan.
Banyak pembelajaran yang saya dapatkan dari kampus, baik dari sisi akademik maupun non akademik. Semuanya membantu saya meningkatkan hardskill dan softskill yang nyatanya itu sangat berguna setelah pasca kampus. Terutama prestasi-prestasi yang saya dapat selama di kampus, menjadi salah satu faktor yang sekiranya saya diterima menjadi salah satu peserta intership Pertamina 2015 kurun waktu 6 bulan.
Saat ini saya sedang menjalani program internship di Pertamina(Persero) Jakarta Pusat, mulai dari awal juli sampai bulan Desembar mendatang.

Apa yang saya kerjakan disini, memang tidak semuanya saya dapatkan dikampus, saya harus belajar ekstra untuk bisa mengimbangi pekerjaan saya sekarang yaitu diposisi Configuration Management, salah satu fungsi IT Service Management(ITSM) dibawah Department CSS (Corporate Share Service). CSS adalah departmen IT yang mengurus segala kebutuhan bisnis di pertamina dibawah direktorat SDM dan Umum. Saya menyadari apa-apa yang saya lakukan didunia kerja tidak semua saya dapatkan di dunia kampus, itu terlalu kompleks. Jadi menjadi pembelajar itu sangat kita butuhkan dimanapun kita berada.
Awal masuk kerja saya harus belajar kembali tentang ITIL, apa itu ISO, infrastruktur, Logic Model, Tata Kerja Organisasi, dan lingkungan kerja pertamina. Menurut teori yang saya baca,best practice IT Infrastructure Library (ITIL), tugas dari Configuration Management (CM) sebagai metode untuk mengontrol infrastruktur dan layanan. Tujuan dari CM adalah mendukung proses ITIL dengan memberikan informasi konfigurasi yang akurat untuk membantu pengambilan keputusan. Ada dua hal yang dilakukan menyediakan logic model dari infrastruktur IT dan merelasikan layanan IT dan komponen layanan IT lain (physical, logical,dll) yang dibutuhkan untuk deliver layanan tersebut. Saat ini tools yang dipakai adalah HP-UCMDB, dan untuk permintaan perubahan (RFC) pakai Project Portofolio Management.

Sesuatu hal yang menggembirakan mendengar program study teknik informatika mendapatkan hasil yang memuaskan dengan terakreditasinya jurusan Teknik Informasi dari peringkat B menjadi A. Tentu itu akan membantu kami, para alumni khususnya pada program study tersebut untuk bersaing di dunia kerja sebagai kampus yang  dipandang layak atau kredibilitasnya diakui untuk bahan pertimbangan. Karena pada realitanya kita akan bertemu teman-teman dari berbagai kampus yang tidak diragukan lagi kualiasnya.

UDINUS Jaya
Foto Bareng bersama keluarga ITSM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mungkin kita jodoh (hari kedua belas #30DWC)

nasehat tentang kematian(hari kedua puluh satu #30DWC)

Berbagi kisah: Perjalanan Internship Pertamina 2015