Berbagi kisah: Perjalanan Internship Pertamina 2015



Tepatnya dua bulan sepuluh hari saya disini. Disini? Pertamina Persero Pusat, Jakarta Pusat.
Magang dengan penghasilan per bulan di bawah BUMN tak pernah Saya impikan sebelumya. Jujur.
Tapi kenyataan itu yang tak pernah terencana membuat saya harus selalu merasa beruntung dan sangaat bersyukur kepada Allah SWT.

Mungkin, kebanyakan orang akan mendambakan bisa berada disini. Dan Saya termasuk orang yang beruntung. Mmmm tidak hanya sekedar keberuntungan, tapi ini sebuah anugerah.
Bukan saja karena 6 bulan ke depan Saya punya berpendapatan sendiri, tapi lebih dari itu. Ilmu, pengalaman, kawan dan saudara pasti juga akan bertambah.

Okee,, Akan Saya ingat kembali perjalanan Saya bisa sampai di sini.

Senin, 22 Juni 2015, sekitar pukul 2 siang, ada panggilan masuk dari nomor kantor tak dikenal.
“Selamat siang dengan Ratna Dwi jayanti”

“Iya”

“Saya (lupa namanya) dari pertamina, sebelumnya sudah check email mbak”

“belum”

“Kami memberi tahukan bahwa mbak ada panggilan interview program internship pertamina rabu tanggal 24 juni 2015”

“Maaf, posisi mbak dimana sekarang?”

“Semarang Mbak”

“Kira-kira bisa memenuhi undangan”

“Inshallah Saya usahakan”

“Oke mbak Ratna terima kasih”

Kira-kira itu pembicaraan singkat ketika ada panggilan interview pertamina, tepat 5 hari puasa Ramadhan. J kiranya itu berkah ramadhan.
Sebelumnnya Big Thanks buat sahabat sekaligus kakaku, Mbak Dwi Ningrum yang udah kasih informasi program internship pertamina (2015) ini. Memang betul apa kata Rosul, menjemput Rezeki itu bisa lewat jalan Silaturokhim, :D .

Tahun ini Program internship Pertamina yang ke 3, dibuka akhir bulan mei, hanya 1 minggu. Pendaftaran ditutup tanggal 31 Mei, harus menunggu 22 hari untuk informasi panggilan interview. Bisa jadi tahun depan akan dibuka di bulan yang sama, Inshaallah program ini akan dibuka tiap tahun jadi masih ada kesempatan.

Tahap pertama, adalah seleksi administrasi secara online. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi sesuai dengan informasi di bawah ini. 


Entah apa kriteria untuk lolos administrasi, dari 4000 sekian yang diterima dari tahap awal diambil hanya setengahnya, kira-kira 1500 peserta lolos administrasi berdasarkan pemaparan pak Happy waktu induction training di Pertamina Corporate, Simpruk. Awalnya niatan dari program ini hanya ditujukan untuk area jabodetabek, namun berubah cakupan wilayahnya jadi dari sabang sampe merauke ternyata antusiasnya banyak. Bahkan sampe ada yang berstatus WNA juga ikut daftar, namun ditolak karna program ini hanya untuk anak negeri.:D

Sedikit cerita waktu awal pendaftaran, entah karena apa, waktu itu pengen memenuhi semua persyaratan yang ada, sampe tes keterangan bebas NAPZA, yang harusnya tu dilakuin kalau udah ada panggilan interview( bisa lihat dimekanisme pendaftaran). Akhirnya cari-cari dah  informasi RS mana yang nyediain tes ini, waktu itu berhubung kagak tau kalo yang nyediaiin test bebas NAPZA adalah RS tertentu, aku kirain puskesmas bisa ahahaiii ternyata nggak.
“Informasi buat temen-temen yang lagi nyari surat bebas NAPZA, rumah sakit yang nyediain tes ini yang berstatus rumah sakit kepolisian atau tentara. “

Saking semangatnya, akhirnya ditemani Mbak Insi Afdila, temen sekosku Kita langsung menuju ke puskesmas terdekat, puskesmas dekat Stasiun Poncol. Petugas merekomendasikan ke RS Wira Tamtama. Akhirnya merujuk kesana dan emang benar disana bisa kasih pelayanan tes NAPZA, Oya bagi kalian nanti yang mau cari surat bebas NAPZA di Semarang setau Saya yang menyediakan layanan ini di RS Wira Tamtama dan RS Bayangkara. Biayanya 125.000. hee
Selesai itu semua, menunggulah 22 hari sampai ada panggilan interview.

Singkat cerita setelah terima panggilan interview, yang ada dalam pikiran saat itu gimana caranya bisa ke Jakarta, berhubung waktu singkat dan uang jajan sudah menipis. Tapi untung uangnya masih bisa buat beli tiket kereta. Bergegaslah Saya ke stasiun Poncol cari tiket ke jakarta, dapatlah jadwal kereta menoreh jam 9 malam. Sebenarnya ada 2 jadwal untuk pertimbangan saya antara berangat hari itu juga senin jam 9 malam atau selasa jam 8 pagi. Akhirnya sesuai petimbangan waktu karena bulan puasa biar perjalanan ngga terganggu, Saya ambil perjalanan malam selepas tarawih. dan persiapan. Saya kira pasti akan banyak persiapan yang harus dipenuhi disana, biar efisen waktu dan bisa istirahat, juga mempersiapkan segala sesuatunya dari ngeprint email, pake pakaian apa, dll. So, saya ambil keberangkatan senin jam 9 malam dengan kereta api Menoreh, berangkat dari stasiun tawang, prediksi sampai tempat tujuan jam setengah 4 pagi dengan perbekalan seadanya karna Saya kira kemungkinan hanya beberapa hari disana. Alhamdulillah semua syarat pasca lolos administrasi sudah terpenuhi semua(TOEFL, SKCK, Bebas NAPZA), jadi dokument-dokument udah clear.

Selepas beli tiket, lanjut kerutinitas biasanya, ke TPQ bintang kecil buat ngajar ngaji, sampe jam 5. Pulang ke kos siap-siap packing. Dan ijin ortu by phone, karna ngga memunginkan pulang kampung,  Ambarawa. Dan lagi-lagi, skenario allah memang keren, mbak arum telpon mau maen ke kos sore-sore, niatnya mau silaturokhim aja, eh tak disangka-sangka mau minjemi uang cast buat ke jakarta, baik banget dah. Alhamdulillah banget, kaya rejeki dianter gitu. :D
Pikiran mulai mikir lagi siapa temen yang mau nganter ke stasiun malem-malem lagi, nikmatnya memiliki teman-teman yang baik hatinya. selepas sholat trawih Saya minta diantar ke stasiun oleh Novia Triningrum, sekaligus plus dipinjami jaket, karena ngga kepikiran bawa jacket.:D

Ada nikmat lain lagi yang Allah berikan yang membuat Saya tidak khawatir ke jakarta sendiri untuk pertama kalinya di malam hari - Saudara. Ya, bersyukur sangat allah memberikan saudara yang care dan baik hati, bersedia membantu saya dari awal persiapan sampai hari ini. Jadi sebelumnya udah kontak-kontakan kalo mau ke jakarta. So keputusan ambil tiket jam 9 malam sudah bulat, karna udah ada yang bakal jemput distasiun jam setengah 4 pagi. :D

Oke, lanjut cerita dari kereta tadi.
Selasa, 23 juni 2015, sampailah Saya ke stasiun Jatinegara, Jakarta Timur. Waktu menunjukkan pukul 03.30 WIB. Pijakan kaki pertama, di Jakarta. Alhamdulillah sudah dijemput Mas Tomy, bergegas menuju ke mobil, dan perjalanan ke rumah Mas sepupu. Kira-kira 30 menit diperjalanan dari stasiun Jatinegara sampe Curug Pondok kelapa. Pukul 04.00 WIB sampai tujuan, dilanjut sahur.

Aktivas hari pertama di Jakarta, anter ponakan sekolah, dan prepare buat interview (dokumen, costume and belajar sedikit tentang apa itu pertamina):D
Oya berikut Email panggilan untuk interview.


Tanggal 24 Juni 2015 pagi, Saya masih disibukkan dengan nyiapin dokumen yang harus dibawa, ngeprint dan lain sebagainya. Pagi-pagi ke kantor Mas Tomy (PT. TCS Indonesia Mandiri, bergerak di bidang legal document dan konsultan,hee.Promosi.) untuk nyiapin itu semua. Setelah semua siap jam 8 berangkat dari kantor TCS. Jam setengah 10  lewat sampe juga di kantor pertamina pusat. Menuju Lantai 21.. wiiiii


Sebelum masuk kantor Pertamina, sebagai pendatang kita wajib make kartu acces, visitor card. Caranya kita nukerin sim/ ktp ke mbak receptionis n ditanya mau ke lantai berapa, soalnya kartunya hanya bisa untuk satu ruangan saja. Selanjutnya masuklah Saya ke lift menuju lantai 21, lantai paling ujung dah.
Pintu ke buka, dan banyak temen-temen internship lain yang lagi pada nunggu interview/ habis diinterview. Bergabung dan berbaurlah Saya dengan mereka.

Kira-kira menunggu 45 menit akhirnya dipanggil juga untuk interview. Oleh Pak Udi (yang sekarang jadi managerku) dan Pak HR, yang satu lift waktu mau naik ke lantai 21. Hee
Interview berjalan lancar, santai dan cenderung lebih kaya ngobrol gitu.
Apa pertanyaan yang dilontarkan,
Pertama, diminta memperkenalkan diri.
Kedua, ditanya tetang prestasi yang pernah didapat lewat CV.
Ketiga, Aktivitas selama selepas wisuda.
Keempat, Pak Udi tanya “pernah dengar istilah ERP SAP?”, dan aku jawab belum. Gubrak deh.
Kira-kira itu pertanyaan yang dilontarkan, entah jawaban mana yang bisa membuat saya bisa diterima:D yang pasti saya bersyukur atas itu.
Seminggu setelah interview tepatnya tanggal 30 Juni, pengumuman lewat email dikirim. Berikut Email yang dimaksud:


Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan banyak kemudahan. 
Tanggal 6 Juli 2015, awal masuk sebagai pemagang dipertamina. 
Semoga menjadi tulisan yang bermanfaat bagi semua.

Kesimpulan dari perjalanan internship pertamina:.
25-31 mei -->pendaftaran program internship pertamina
22 juni --> panggilan interview
24 juni --> interview
30 Juni --> pengumuman lolos
1 juli  --> induction training
2 juli -->Pembukaan Program Internship Pertamina 2015
6 juli --> awal masuk
31 Desember --> Sayonara

Jazakumullah untuk:
Tomy’s Family, Dhani’s Family, Lisin’s Family, Heny’s Family Semoga Allah membalas kebaikan yang telah diberikan, dari awal jemput dari stasiun hingga hari ini, rumah tinggal, fasilitas, dan care service.




Komentar

  1. Halo kak Kalo boleh tahu salary untuk internship di pertamina berapa ya? Saya ingin daftar tp msh ragu2. Maklum Saya Dari luar Jakarta. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah Saya bales lewat email ya:)

      Hapus
    2. Mb berapa salary uang sakuny ya mb? Tolong dm mb skrng ya thanks

      Hapus
    3. Mau tanya kak, uang sakunya berapa ya?

      Hapus
    4. Mau tanya kak, uang sakunya berapa ya?

      Hapus
    5. kak, aku juga mau tau dong info salarynya

      Hapus
    6. Maaf kak mau nanya program intership salarynya berapa? Makasih kak

      Hapus
    7. Malam kak, sebelum nya terima kasih sudah berbagi pengalaman nya kak. Kalau boleh tau , salary untuk internship nya berapa ya kak ?:)

      Hapus
    8. Malam kak, sebelum nya terima kasih sudah berbagi pengalaman nya kak. Kalau boleh tau , salary untuk internship nya berapa ya kak ?:)

      Hapus
    9. Terima kasih telah berbagi pengalamannya kak, sekiranya kakak bisa berbagi informasi terkait salary internship pertamina harap menghubungi saya melalui email 🙂 terima kasih banyak

      Hapus
    10. Terima kasih telah berbagi pengalamannya kak, Mau tanya kak, uang sakunya berapa ya?

      Hapus
    11. wardiantayobi@gmail.com terima kasih mbak

      Hapus
    12. bachdim32@gmail.com
      dm iya mbk salary internship magang brp. makasih

      Hapus
    13. bibun.onfire@gmail.com terimakasih mbak dm ya salarynyaaa

      Hapus
    14. Kak, info dong salary internship di pertamina berapa? Afifjulio28@gmail.com

      Makasih banyak kak

      Hapus
    15. Kak mohon info salarynya kak, send ke emailku ahmadhafiz17@gmail.com terimakasih kak

      Hapus
    16. halo kak.. bisa toling infokan salary internship di pertamina? bisa diemail ke fransiscasinta23@gmail.com ya kak. trimakasihh

      Hapus
    17. Halo kak. Salarynya brp kak ? Oktavianisari36@gmail.com

      Hapus
    18. kak, bisa tolong infoin salary nya gak kak. rahmadika.putera@gmail.com makasih kak. diharapkan balasannya ya kak

      Hapus
    19. Maaf Untuk salary nya berapa mba ?
      Mohon informasinya ?

      Hapus
    20. Maaf ka, jika diizinkan boleh saya tau untuk salarynya ka? Terima kasih ka. nadahqolbishobrina@gmail.com

      Hapus
    21. Berapa salary internship di pertamina ya?

      Hapus
  2. Terimakasih atas berbagi pengalamannya kak, mau tanya dong kak, interview nya itu pakai bahasa indonesia atau inggris kak ? makasih kak :)

    BalasHapus
  3. Halo kak, mau tanya itu tahapan seleksinya hanya adminsitrasi dan interview aja? terima kasih..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. terima kasih untuk tulisannya, senin besok saya akan interview intership. Semoga bisa lolos seperti mbaknya yaa :"""

    BalasHapus
  6. boleh tanya kak? setelah magang selesai apa ada tawaran kontrak dengan pertamina?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada tawaran kontrak untuk menjadi pegawai. Program ini khusus untuk internship saja maksimal 1 tahun :)

      Hapus
  7. Apa manfaatnya saat sekarang setelah melakukan internship di pertamina kak? Dan apa disediakan tempat tinggal atau tidak? Makasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti manfaatnya adalah sekarang Aku bisa cerita ke Kalian semua..hehe
      Pengalaman itu pasti, terus value plus dari lingkungan kerja.
      Tidak disediakan tempat tinggal.
      Kalau dihitung untung rugi, Internship bukan tempat yang tepat buat hidup mapan, disini cuma magang, artinya belajar hal baru di dunia kerja sambil dikasih uang jajan, hehe.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Terimakasih tulisannya bermanfaat.
    Bole tau gak salary intern pertamina itu tiap bulan berapa?
    Bisa email saja ke email saya raudhatussyifailula@gmail.com

    BalasHapus
  10. kak lihat program magangnya itu dari mana ya? sy mau magang 60 hari kerja karna universitas memberikan jangka waktu segitu apakah bisa dari peramina nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau program magang untuk kuliah aku kurang tau prosedurnya, tapi memang ada dan itu harus booking dulu kayanya untuk bisa dapet acc atau engga.
      dulu pernah ketemu anak magang soalnya dari ITS sama brawijaya.

      Hapus
  11. Halo mba buat tugas" intershipnya ngapain aja hal yang paling berkesan ? Kalo boleh tahu dapet tunjangan untuk internship di pertamina berapa ? Buat referensi dan perhitungan biaya kalo diterima magang disana boleh lewat email yizkaadikrista@gmail.com
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dibagian ITSM(IT service management), latar belakang di IT soalnya. yang pasti saya sedikit banyak belajar bagaimana dunia IT diterapkan di perusahaan sekelas BUMN, dan itu membuat Aku bodoh "ilmuku nda ada apa-apanya". Hehehe.
      Temen baru juga bikin berkesan,kita dari seluruh Indonesia.

      tunjangan di tahunku masih diangka 3, ngga jaug dari UMR jakarta.

      good luck..:)

      Hapus
  12. salam kenal mbak ratna. waktu mbak interview untuk intership dulu brapa orang mbak? dan yang diterima dan lulus untuk magang braoa orang mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jumlah sampai tahap interview kurang tahu, kalau yg daftar sampai 4rbuan. Yg diterima ngga lebih dr 150 orang, klo nda salah 130an

      Hapus
  13. Hallo mbak, saya tertarik dan berencana untuk mendaftar magang di Pertamina. Kalau berkenan boleh saya minta proposalnya? Email saya ristiawatinonik@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  14. Makasih bnyk kak udah berbagi pengalamannya, saya jd tertarik untuk kerja praktik di pertamina. jika berkenan, bolehkah saya meminta proposalnya sebagai panduan saya membuat proposal? jika berkenan, tolong kirim melalui email citra.melina23@gmail.com terima ksh sblmnya

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum kak. Saya berniat magang di pertamina, jika berkenan bolehkah saya minta proposalnya sebagai referensi? Email saya ajikintann@gmail.com. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  16. Temen-temen, yang masih kuliah dan pengen magang di pertamina. Dan bertanya tentang prosedur/proposal magang. Saya sendiri tidak tahu✌😂.
    Internship Pertamina disini, program dari pertamina untuk lulusan baru dari perguruan tinggi.

    BalasHapus
  17. Mba nana mau tanya untuk uang sakunya brp ya klo program tersebut?

    BalasHapus
  18. Selamat malam, mba saya mau tanya untuk uang saku selama magang brp ya mba?boleh diemail sama proses wawancara usernya mba soalnya mau wawancara user

    BalasHapus
  19. sore kak, saya mau menanyakan jika setelah magang apakah bisa melanjutkan kerja di pertaminanya dan gimana ya caranya kira"? dan saya juga mau menanyakan tentang kisaran uang saku yang diberikan. Mungkin bisa diemail ke wikendro.wijaya@yahoo.com

    BalasHapus
  20. Mba, setelah melewati masa internship ini, apakah mba di pekerjakan oleh Pertamina? Atau tidak mba?

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum, mbak mau tanya utk program magangnya apakah kita akan magang di Pertamina di kota kita atau Pertamina yang di jakarta

    BalasHapus
  22. Selamat siang, kalau boleh tau, salary untuk program internship di pertamina berapa ya? Saya ingin mendaftar namun bimbang dalam menentukan salary yang diminta, terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  23. kak uang saku intership pertamina berapa ya? saya mau ngisi expected salary nya tapi gak tau kalo magang brp

    BalasHapus
  24. Halo mba.. selamat ya mba dan senang mbaca pengalaman mba.. anyway saya mau tanya.. apakah setelah program internship kita lebih dimudahkan dlm perekrutan di pertamina atau sama saja dgn yg lewat jalur fresh graduate? Klo selagi intern terus ada bukaan fresh graduate bisa daftar? Apakah boleh Klo selama durasi intern kita resign karena ada panggilan kerja lain? Terimakasih

    BalasHapus
  25. Halo kak, mau nanya utk uang saku ada nggak ya? Thanks

    BalasHapus
  26. siang kak, makasih infonya :)
    kalo boleh tau uang saku pas tahun kakak perbulan berapa ya.
    mungkin bisa via email ke syarifhidayatullah.siskom@gmail.com
    makasi kaak

    BalasHapus
  27. Kak, mau tanya. Pertamina program internship sedang buka untuk tahun 2018. Saya dari jurusan kesehatan masyarakat. Setahu kakak, jurusan kesehatan masyarakat ditempatin di posisi apa kak ? Divisi K3 yah ?

    BalasHapus
  28. Bisa bisikin uang saku yang di dapat dari magang di pertamina ?
    ke hendrasubowo16@outlook.com ditunggu informasinya ya mbaaa :)

    BalasHapus
  29. Kalau boleh tau uang sakunya berapa ka?
    teguhrivaldie@gmail.com

    BalasHapus
  30. Ka..pilih buat terima di magang Pertamina selama setahun ya? alasannya apa?waktu dipanggil interview setelah berapa bulan lulus?sehabis magang,dari Pertamina kasih rekomendasi ga buat daftar di Pertamina untuk pegawai tetap?(maksudnya,barangkali bisa dipakai untuk menambah isi cv sehingga peluang diterimanya bertambah kalau apply jadi pegawai tetapnya Pertamina)..terima kasih banget kalau dapat tanggapan dari kaka via email setioriniindira@yahoo.com

    BalasHapus
  31. Ka..pilih buat terima di magang Pertamina selama setahun ya? alasannya apa?waktu dipanggil interview setelah berapa bulan lulus?sehabis magang,dari Pertamina kasih rekomendasi ga buat daftar di Pertamina untuk pegawai tetap?(maksudnya,barangkali bisa dipakai untuk menambah isi cv sehingga peluang diterimanya bertambah kalau apply jadi pegawai tetapnya Pertamina)..terima kasih banget kalau dapat tanggapan dari kaka via email setioriniindira@yahoo.com

    BalasHapus
  32. kak apakah boleh saya melihat contoh proposal/surat permohonan untuk intership magang ? jika boleh, minta tolong dikirim email asnazamharirakuat@gmail.com untuk saya jdikan referensi, terimkasih kakk mohon bantuannya

    BalasHapus
  33. Kak berapa gajinya
    sumantrir32@gmail.com
    Thanks

    BalasHapus
  34. Mau tanya kak tentang salary magang di pertamina. Mohon di emailkan di @erlinpasa44@gmail.com
    Terima kasih atas infonya kak

    BalasHapus
  35. Terima kasih kak ceritanya, saya juga lg daftar magang periode 2020. Waktu tahun kakak uang saku dr pertamina berapa ya?

    BalasHapus
  36. Mba izin bertanya untuk uang sakunya berapa ya ? Terimakasih sebelumnya 🙏

    BalasHapus
  37. Mba mohon maaf mau tanya untuk benefit uang saku yang di dapat dari pertamina berapa ya? soalnya saya juga sedang daftar. boleh di email ke saya ya mba email : rahmawatiakbar58@gmail.com. terimakasih

    BalasHapus
  38. Selamat siang kaak. Boleh bantu share berapa uang saku internship pertamina nya kaak. Makasii kaak.
    yolagustantia82@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mungkin kita jodoh (hari kedua belas #30DWC)

nasehat tentang kematian(hari kedua puluh satu #30DWC)