Dakwah Islam Pertamina (Hari kedelapan #30DWC)



Ada kekhawatiran pada awalnya, saya diterima program internship pertamina. Khawatir kehilangan taman-taman syurga di dunia.Yah, majelis ilmu. Hanya membayangkan pasti akan futur sangat.
Bagaimana tidak, di semarang semuanya kondusif, Halaqoh mingguan, kajian ahad pagi, kajian rabu sore, kajian kamis sore, Kajian An nisa tiap Jum’at, belum lagi agenda-agenda Rohis kampus, teman-teman seiman dan seperjuangan. Semuanya menjadi bagian dari perjalanan hidup untuk menemukan jalan perbaikan.

Kegalauan itu terjawab sudah ketika awal masuk Bapak manager bilang “nanti ada kajian Ratna di lantai M, sehabis sholat dhuhur. Ikut aja. Kalo hari-hari biasa ngga pas ramadhan biasanya di mushola bawah.”
Bener-bener itu bikin hati yang tadi berasa gersang, ada harapan turuh hujan.
Waktu awal masuk itu memang bertepatan dengan bulan ramadhan, H-13 Idul Fitri. Agenda Ramadhan Sholat dhuhur dan kajian harian dipindah di Auditorium lantai Mezzanine(Lantai M), yang biasanya dilaksanakan di mushola Al Kautshar.

Saya baru tahu ternyata kebanyakan perusahaan besar sekelas  BUMN punya agenda serupa, sebagai pembinaan mental pekerja dan social keagamaan secara efektif dan terprogram dalam rangka ikut menunjang tercapainya penenrapan tata nilai perusahaan dan pengembangan citra perusahaan.

Dibawah Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina, kegiatan agenda dakwah pertamina dikelola, diketuai oleh Bapak Dasril Saputra. Jadi BDI semacam Rohisnya Perusahaan, ada pengurus, ada agenda-agenda dakwah, dan alkhmadulillah sampe sekarng masih konsisten berjalan. Dan kata ustad Munzir Situmorang sewaktu mengisi kajian, "jamaah sholat dhuhur  dari sekian BUMN yang pernah saya kunjungi sampai dengan saat ini, Pertamina yang paling konsisten dengan jamaah terbanyak."
Alkhamdulillah saya bersyukur, akan hal itu. Lagi-lagi karena lingkungan yang membuat nyaman saya berada disini.

Berikut Sekretariat BDI, bersebelahan dengan mushola Al kautshar



Kebetulan tadi siang menyempatkan waktu buat maen ke BDI dan bertemu dengan Admin BDI mbak Neneng Hasanah, beliau mengelola hal-hal yang berhubungan dengan administrasi salah satunya mengelola pendaftaran haji pekerja pertamina. Berhubung Pak Dasril sedang ada acara di luar jadi tidak bisa mengulik Program BDI lebih dalam.

Ibu Neneng Hasanah
Mushola Al Kautshar diresmikan pada tanggal 11 April 2013. Termasuk masih baru berdiri sekitar 2 tahun yang lalu, sebelumnya pusat ibadah berada digedung perwira. Berikut potret mushola Al Kautshar.
Batu Prasasti Peresmian Mushola Al Kautshar

potret mushola dari luar

Potret Mushola dari dalam


tempat wudhu wanita

Jadwal Kajian, sekaligus pembicara   
 Setiap hari jum'at, kajian di khususkan untuk ibu-ibu. 
Ustadzah Ratu mengisi kajian tentang Kriteria Muslimah yang dibanggakan
Jamaah kajian An nisa

 

Komentar

  1. waah, alhamdulillah.. mba doakan saya ya bisa interview dan merasakan pengalaman intership di pertamina seperti mba. kalo halaqoh mingguan masih bisa kah mba?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mungkin kita jodoh (hari kedua belas #30DWC)

nasehat tentang kematian(hari kedua puluh satu #30DWC)

Berbagi kisah: Perjalanan Internship Pertamina 2015