Belajar dari sebuah Nasehat (Hari Kedua #30DWC)

Sabtu, 31 Oktober 2015, 21.34



Berawal dari kisah ini..
Reminder saum sunnah bulan muharam, memotivasi buat bisa puasa full. mengingat keutamaan-keutamaan di bulan muharam Allah udah janji kasih imbalan-imbalan yang menggiurkan.


Kemarin selasa tepatnya tanggal 27 Oktober, saya dapet kado special dari teman sekantor. Tentang Nasehat. Nasehat yang menjadikan saya mengerti akan sesuatu hal yang mampu merubah pola berpikir saya.

Akhir-akhir ini memang sering drop, entah hanya pusing, atau gangguan pencernaan atau memang bawaan lahir. Ah entahlah,saya tidak memikirkan hal itu sebelumnya. Aku kira itu cuma karena anemia, bukan karena puasa. Gara-gara kasian liat kalo puasa sunnah katanya keliatan lemes. Tanpa saya sangka teman saya bilang " Rat, bukan apa-apa ya, kamu puasa bolehlah, tapi aku kadang kasian kalo liat kamu puasa jadi lemes. Sakit-sakitan. Kalo kamu emang ngga kuat ngga usah puasa aja dulu deh. Cuma mau ngingetin soalnya kan juga sunnah. Jadi jangan dipaksa. takutnya malah jadi zalim sama diri kamu sendiri lho"
Buat saya itu jleeeebb ngena banget. "Aduuuh" batinku. Kenapa? Saya kira saya sudah melakukan hal terbaik buat bekal terbaik, tapi kenapa jadinya orang malah memandang aku malah kasian. Setiap proses memang tidak ada yang langsung sempurna, Dan Allah tunjukkan cacat amalanku. Alkhamdulillah.
Saya seketika itu juga introspeksi diri, dan mengakui kesalahan. Bisa jadi saya memang sudah zalim sama diri sendiri. Bagaimana tidak, kalo sahur cuma minum air putih doang. Alasannya? ngga punya makan? bukan, bukan itu. alasanya simple,kalo sahur cuma males turun ke lantai bawah buat makan sahuur. Tepok jidat dah.

Selesai obrolan pagi itu, akhirnya langsung seluncuran di google. searching-searching pola hidup sehat saat puasa. Nemuin menu makan berbuka juga sahur. Saking menggebu-gebuuntuk perbaikan diri pada penebusan dosa, Selepas pulang dari kantor mampir ke Apotik beli sangobion, ke toko herbal Haifa Rawamangun beli madu, sama kurma, mampir ke indomaret beli susu, sama outmeal.

 Pembelajaran buat saya pribadi juga rekan-rekan, terkadang kita terlalu fokus pada keutaman-keutamaan meraih pahala sunnah, namun seringkali mengabaikn variabel pendukungnya, padahal itu sama pentingnya. Padahal Allah sendiri mengajarkan untuk selalu seimbang antara dunia dan akhirat

Saya belajar arti sebuah keseimbangan disini, belajar mengerti arti pentingnya menjaga kesehatan, dan belajar tentang artinya sebuah kata peduli.

Terima kasih kawan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mungkin kita jodoh (hari kedua belas #30DWC)

nasehat tentang kematian(hari kedua puluh satu #30DWC)

Berbagi kisah: Perjalanan Internship Pertamina 2015